Sabtu, 20 April 2013

Keluarga dan Teman ialah Mutiara Hidup

Mungkin tidak hanya saya yang punya asumsi bahwa kita sebagai manusia memang tidak bisa hidup dan bertahan hidup dengan sendiri, namun kita perlu komponen-komponen lain dalam kehidupan ini yang pasti jika kita renungi selama hidup ini yang paling penting ialah aspek sosialisasi . Dimana aspek ini merupakan komponen utama yang membuat manusia bertahan di dunia ini.

Tak dapat dipungkiri memang , dalam bersosialisasi manusia memerlukan manusia lainnya. Dalam menggelorakan jiwanya, mengaspirasikan suaranya, bahkan mengekspresikan perasaannya manusia memerlukan manusia lainnya guna pembentukan karakter dan sifat mereka serta penyejuk jiwa.

Disini menurut saya sebagai penulis yang sudah menjajaki kehidupan ini selama 17 tahun, banyak sekali hal-hal atau pengalaman menarik hingga pahit yang saya dapatkan . Dan dari sekian banyak pengalaman selama 17 tahun yang saya dapatkan saya menyadari bahwa selain Tuhan, yang paling berperan banyak dalam aspek sosialiasasi kita di kehidupan ialah keluarga dan Teman.

Keluarga, saya yakin semua orang di dunia ini tak akan bisa mengarungi dunia ini tanpa adanya peran keluarga. Keluarga bak mutiara dalam hidup kita. Keluarga akan selalu ada disisi kita baik suka maupun duka terutama orang tua kita. Sebanyak apapun kesalahan kita , olrang tua selalu memaafkan dan memaklumi kesalahan anaknya dan sebagai contoh kecil orangtua rela bekerja banting tulang untuk membiayai kehidupan dan sekolah anaknya. Begitu juga dengan saudara-saudara kita , mereka selalu ada sebagai pelipur lara kita. Saya sendiri yang hanya mempunyai  satu kakak sangat merasakan kasih sayang yang diberikan saudara ku itu.


Teman, aspek sekunder ini juga tak kalah penting dalam kehidupan kita. Terlihat sejak memasuki bangku sekolah peran teman sangat mencolok dalam pembentukan watak, karakter dan kepribadian seseorang. Teman lebih berperan dimana kita perlu seorang sebaya yang pastinya berpikiran sama dan dalam proses perkembangan yang sama pula kita sangat perlu teman dalam bermain, berekspresi terlebih saat menginjak usia remaja. Teman bisa berperan tak hanya sebagai fasilitator dalam pergaulan, namun sebagai mutiara di setiap langkah kita meraih mimpi.

Pesan saya , jangan pernah mengecewakan keluarga dan teman anda. Berikan senyuman terbaik anda untuk mereka. Buat mereka bahagia dan nyaman karena mereka telah mengenal dan memiliki anda. Dan satu lagi jangan pernah menyia-nyiakan keluarga dan teman anda karena anda sangat merugi jika hal itu samapi terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar